Naomi Osaka memenangi pertandingan semifinal yang pernah ia janjikan

Unggulan keempat asal Jepang Naomi Osaka memenangi pertandingan semifinal yang pernah ia janjikan untuk tidak dimainkan, mengalahkan petenis Belgia Elise Mertens pada hari Jumat untuk mencapai final ATP dan WTA Western & Southern Open.

Naomi Osaka memenangi pertandingan semifinal yang pernah ia janjikan

Kemenangan Osaka 6-2, 7-6 (7/5) membawanya ke pertandingan kejuaraan hari Sabtu melawan pemenang dua kali Australia Terbuka Victoria Azarenka dari Belarusia dalam gelembung karantina COVID-19 New York yang sama di mana AS Terbuka akan dimulai pada hari Senin.

Azarenka mengalahkan unggulan kedelapan dari Inggris Johanna Konta 4-6, 6-4, 6-1 di semifinal lainnya dalam tuneup AS Terbuka, yang biasanya dimainkan di Cincinnati tetapi dipindahkan setelah wabah virus mematikan itu.

Kemudian semifinal putra mengirim petenis nomor satu dunia Novak Djokovic dari Serbia melawan unggulan kedelapan Spanyol Roberto Bautista Agut dan unggulan keempat dari Yunani Stefanos Tsitsipas melawan Milos Raonic dari Kanada.

Juara dua kali Grand Slam Osaka mengatakan pada Rabu bahwa dia tidak akan bermain di semifinal untuk memprotes penembakan polisi terhadap Jacob Blake di Kenosha, Wisconsin.

“Sebelum saya menjadi atlet, saya adalah wanita kulit hitam. Dan sebagai wanita kulit hitam, saya merasa ada banyak hal yang lebih penting yang perlu segera diperhatikan, daripada melihat saya bermain tenis,” kata Osaka, Rabu.

“Saya tidak mengharapkan sesuatu yang drastis terjadi dengan saya tidak bermain, tetapi jika saya bisa memulai percakapan tentang olahraga mayoritas kulit putih, saya menganggap itu sebagai langkah ke arah yang benar.”

Osaka mengatakan dia “mual” dan “kelelahan” oleh kekerasan berulang-ulang terhadap orang kulit hitam oleh polisi AS.

Kepindahannya, setelah Milwaukee Bucks memboikot pertandingan playoff NBA mereka karena alasan yang sama, mendorong WTA dan ATP untuk menunda semua pertandingan semifinal hingga Jumat, yang menginspirasi Osaka untuk mengubah pikiran dan permainannya.

“Bagi saya, ini sangat berbeda dari semifinal mana pun yang pernah saya mainkan,” kata Osaka sebelum berjalan di lapangan Jumat.

“Jelas, emosinya sangat berbeda. Yang ingin saya fokuskan hanyalah bola tenis.”

Mertens mendukung Osaka dan tidak terpengaruh oleh status pertandingan rakuten365 yang off-again dan on-again.

Saya benar-benar mendapatkan alasannya 100% jadi saya sangat mendukungnya juga, kata Mertens sebelum pertandingan. “Ayo pergi ke semifinal dan lihat siapa yang menang.”

Osaka, juara AS Terbuka 2018 dan Australia Terbuka 2019, unggul 2-0 dan sekali lagi pada game kedelapan untuk merebut set pertama dalam waktu 38 menit.

Setelah Osaka mematahkan servis untuk unggul 2-0 pada set kedua, Mertens melaju melalui empat game berikutnya untuk merebut keunggulan.

Osaka mematahkan servisnya pada game ketujuh dan bertahan untuk menyamakan kedudukan pada kedudukan 4-4, kemudian berjuang melawan tie-breaker, yang dimenangkannya ketika pukulan backhand Mertens melebar.

Bintang Jepang itu menyelamatkan 18 dari 21 break point yang dihadapinya.